7 Tips Mencuci Softlens Di Rumah Agar Mata Tetap Sehat

Softlens dengan warna yang cantik bisa mendukung penampilan kamu, tapi harus dijaga ya kebersihannya. Softlens dengan warna-warna yang cantik mampu membuat riasan wajah semakin menawan. Tapi ingat, bagi para pemakai softlens, menjaga kebersihan softlens adalah wajib. Hal itu dilakukan untuk mencegah terjadinya infeksi pada mata.

Pemakai softlens harus melakukan perawatan rutin untuk menjaga softlens tetap bersih dan terhindar dari bakteri yang dapat membahayakan kesehatan mata. Tanpa perlu ke optik untuk perawatan softlens, kamu bisa mencuci softlens di rumah. Untuk hal itu, Aylens akan memberikan tips mencuci softlens di rumah.

1. Pastikan cuci tangan sebelum memegang softlens

Sebelum Mama memegang softlens, baik itu memasang atau melepas, pastikan jika tangan sudah dicuci menggunakan sabun. Kebersihan tangan sangat penting untuk menjaga softlens tetap bersih. Pastikan tidak ada sisa sabun yang tertinggal di tangan sebelum mencuci softlens dengan membilas tangan menggunakan cairan pembersih softlens.

2. Pastikan kuku tangan pendek dan bersih

Jangan lupa, sebelum mencuci softlens, pastikan kuku tangan pendek dan bersih. Sebab, kuku panjang dapat berisiko merobek softlens. Selain itu kuku panjang juga memungkinkan kotoran tertinggal di sela-sela kuku dan dapat berpindah saat mencuci softlens.

3. Gunakan cairan pembersih softlens

Ketika mencuci softlens, gunakanlah cairan pembersih softlens. Cara mencuci softlens adalah dengan menggosok lembut dan membilasnya dengan cairan pembersih softlens. Lalu simpan softlens dengan cairan pembersih softlens yang baru. Hindari mencampur cairan pembersih softlens yang lama dengan yang baru.

4. Jangan bersihkan softlens dengan air keran

Hindari penggunaan air keran saat mencuci softlens. Air keran berisiko terhadap bakteri yang mungkin akan menyebar ke permukaan softlens. Bakteri yang terdapat pada air keran dapat menyebabkan iritasi mata.

5. Selalu jaga kebersihan wadah softlens

Tidak hanya softlens yang harus dibersihkan tapi juga wadah penyimpanannya. Cuci wadah softlens dan bilas dengan cairan pembersih softlens. Simpan wadah softlens bersih dalam posisi terbalik dan dialasi selembar tisu atau kain tak berserat agar tidak ada serat yang tertinggal di wadah.

6. Lepas softlens sebelum mandi, berenang, dan tidur

Kebiasaan untuk tidak memakai softlens saat mandi, berenang, ataupun tidur juga akan membantu softlens tetap dalam kondisi yang baik. Melepas softlens sebelum mandi atau berenang dapat mencegah paparan bakteri atau kandungan klorin pada air.

7. Perhatikan tanggal kadaluarsa

Hal yang sering dilupakan oleh pengguna softlens adalah tanggal kadaluarsa softlens dan juga cairan pembersihnya. Mencuci softlens yang sudah lewat masa pakainya tentu akan sangat sia-sia. Begitu pun dengan cairan pembersihnya. Jadi jangan lupa untuk disiplin mengecek tanggal kadaluarsa.

Menjaga kebersihan mata dengan mencuci softlens harus dilakukan. Tentu agar mata tidak terinfeksi bakteri jahat yang dapat mengiritasi mata. Jangan malas atau pun menunda untuk membersihkan softlens. Rutinitas mencuci softlens harus dilakukan agar kesehatan mata tetap terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.